Sabtu, 03 Juli 2010



Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa didirikan Pada Tanggal 3 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, adalah sebuah organisasi yang menghimpun potensi warga Nahdlatul Ulama dibidang pencak silat yang merupakan olah raga, seni sekaligus bela diri yang tumbuh sejak pra kemerdekaan.
Secara historis, pencak silat di lingkungan warga NU (Nahdliyin ) telah berkembang mengikuti kultur dan adat istiadat daerah dimana pencak silat itu dikembangkan. Arah perkembangannya sangat tergantung oleh situasi keamanan nasiaonal, bahkan situasi dan keamanan sebuah daerah Nahdliyin melengkapi warna Pencak Silat local dan nasional tersebut dengan muatan – muatan keislaman berupa do’a dan amalan yang harus diamalkan oleh para pendekar.
Dalam kurun waktu yang cukup lama perkembangan Pencak silat di NU tidak pernah diorganisir dalam kelembagaan, walaupun kenyataannya dalam event–event yang dislenggarakan oleh warga maupun organisasi komunitas pencak silat ini sangat berperan,. Maka atas kesadaran ini maka terbentuklah organisasi yang diberi nama Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa atau lebih singkat disebut Pagar Nusa NU.
Sejak Muktamar NU yang ke 28 tahun 1989 di Yogyakarta, Pagar Nusa ditetapkan sebagai lembaga resmi di lingkungan NU, dan selanjutnya pada Muktamar NU ke 31 tahun 2004 di tingkatkan statusnya sebagai Badan Otonom, dengan segmentasi Pendekar dan Calon Pendekar.
Di lingkungan NU Kabupaten Bekasi, Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa baru terbentuk pada awal tahun 2010 tetaptnya setelah terpilih Pengurus Cabang NU Kabupaten Bekasi Periode 2009 - 2014, dengan menyesuaikan PD / PRT hasil Kongres Pertama IPS PAGAR NUSA.
.

5 komentar:

  1. bolehkah sya ikut belajar di pagar nusa?? tolong email k saya y,, : azies.varhaz@gmail.com . saya ingin sekali bisa mempelajari ilmu bela diri,, terima kasih ,,

    BalasHapus
  2. Assalkm, bravo pagar nusa! seblumnya saya minta maaf nih karena saya mendirikan lembaga pagar nusa di KOTA BEKASI dan belum komunikasi terlbih dahulu dengan P Nusa yang di Kabupaten.

    BalasHapus
  3. Ass, pelatihan pagar nusa di bekasi tempatnya dimana ya?? Makasih

    BalasHapus
  4. Cara untuk gabung bagaimana yah...?saya mau brlajar pencak silatnya

    BalasHapus
  5. Cara untuk gabung bagaimana yah...?saya mau brlajar pencak silatnya

    BalasHapus